Selasa, 02 Juli 2013

0 Contoh situs E-Commerce beserta pembahasannya

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sedikit membedah webstite Bhinneka.com. mari kita simak pembahasannya sebagai berikut :

Bhineka.com adalah bisnis online store yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Penjualan ini didukung oleh berbagai macam outlet dari bhineka.com yang tersebar luas di beberapa tempat di Jakarta sehingga dapat menjangkau tempat-tampat yang jauh dan memudahkan pengiriman, tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi akan tetapi juga berfungsi sebagai tempat bertransaksi, ini memberikan kemudahan kepada calon pelanggan karena mereka tidak harus langsung datang ke toko tapi bisa membeli dengan transaksi secara online, salah satu hal yang sangat diunggulkan dan disebut sebagai hal yang sangat penting di Bhineka.com adalah fasilitas yang menyadiakan harga-harga barng-barang elektronik dalam segala macam jenis dan tipenya. Hal ini membuat para calon pembeli dapat membandingkan dengan tepat lainnya sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Banyak para pengguna internet yang menggunakan website ini sebagai tempaat untuk mendapatkan referensi dari harga-harga barang elektronik. Menurut pendapat saya omline store adalah suatu bisnis yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan di Indonesia pada saat ini terutama Jakarta yang hampir setiap harinya di penuhi oleh kemacetan dan hiruk pikuk orang yang melakukan aktifitas harian mereka., online strore ini secara tidak langsung memberikan solusi dan kemudahan bagi para calon pelanggan untuk memilih cara yang lebih efisien dan nyaman untuk membeli keperluan mereka.
Pada saat ini Bhineka.com sudah jauh berkembang dengan jumlah transksi online perharinya mencapai 400 transaksi, jumlah ini hanya sekitar 2% total kunjungan online perharinya. Sedikitnya dangkan jumlah pembelanja online ini karena masih banyak orang Indonesia yang masih lebih percaya transaksi offline, demikian yang disampaikan Hendrik Tio, CEO Bhineka.com seperti yang dilansir oleh swa online.
Bhineka.com ini mempunyai bisiness model yang mencakup baik dari B2B maupun B2C, walaupun banyak dari transaksi yang terjadi merupakan B2C.Core capability mereka adalah dalam menjual segala macam sofware dan hardware kepada para pembeli potensial.

Sejarah Bhinneka.com

Bhinneka.com adalah salah satu contoh bisnis, yang bukan saja berani ‘banting-setir‘ disaat masa-masa krisis, tapi bahkan berhasil melewati masa-masa suram tersebut dan bertahan hidup sampai sekarang. Apa saja kiat-kiat Bhinneka untuk bisa sampai titik yang sekarang, DailySocial mencoba mencari jawabannya dari CEO Bhinneka sendiri, Bapak Hendrik Tio.
Kalau mau dirunut sejarahnya, Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit. Bhinneka menjadi salah satu korban ini.
Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru. Kebetulan di masa itu, Internet baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Dari saat itu dimulailah perjalanan panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia.

Visi dan Misi Bhinneka.com

Visi dan misi Bhinneka.com yaitu menjadi toko online elektronik yang memberikan pelauanan maksimal pada pelanggan. Selain itu menurut CEO bhinneka.com, bapak Hendrix Tio. Bhinneka.com memiliki 8 dimensi tentang memberikan pengalaman terbaik didalam bidang perbelanjaan secara online yaitu :

  • Community Value
  • Great Product Presentation
  • Superb Bussiness Prosess
  • Excellence Service
  • Delighting and Fun
  • Excellence Atmostphere
  • Solution and Education Value
  • Friendly Technology

Analisa situs


Tampilan Situs

Bila kita lihat sepintas Bhineka.com tidak terlihat seperti situs lainnya, di baekground yang dominan warna hijau terdapat semacam ornamen yang mengingatkan kita kepada batik yang sangat khas menggambarkan Indionesia. Terdapat menu navigasi yang lengkap dengan sub menu memudahkan pengunjung untuk mengetahui produk mana yang diinginkannya. Selain itu Bhineka.com juga menyediakan pilihan untuk ngebrowse produk yang mereka butuhkan. Namun ada satu yang menurut saya agak mengganggu yaitu gambar topeng di sebelah kiri atas, karena membuat header yang berwarna hijau ciamik menjadi terpotong.
Secara umum tampilan Bhineka.com tidak mengecewakan dan bahkan cenderung lebih mudah untuk mencari barang yang diinginkan dan tidak membuat bingung seperti yang sering tampak pada toko online.

Fitur yang cukup lengkap

Kelengkapan fitur yang merupakan syarat mutlak bagi sebuah situs toko online untuk meningkatkan pelayanan yang menjadikan sebuah nilai tambahan dari situs sejenis. Bila kita lihat di Bhineka.com terdapat fitur-fitur yang cukup membantu pengunjung seperti:
1). Fitur pencari, memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dibutuhkan (fitur wajib)2). Fitur keranjang belanja, yang memperlihatkan produk apa saja yang kita beli di Bhineka.com (fitur wajib).3). Fitur chating, memudahkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan sebagai media untuk saling negoisasi (fitur tambahan yang sangat berguna).4).Fitur konversi mata uang, sangat berguna untuk menentukan harga produk dalam mata uang asing (fitur tambahan).
Namun satu fitur yang kuran dari Bhineka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang memebuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan yang ingin di beli.

Bahasa campuran

Bila kita perhatikan deskripsi produk di bhineka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan lebih baik bila Bhineka.com tersedia dalam dua versi bahasa.
Bahasa yang dicampur ini akan membuat pengunjung kkurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa inggris dengan baik) apabila sepesifikasi produ hanya tersedia dalam bahasa inggris.

URL yang kurang ramah mesin pencari

Hal ini yang perlu kita perhatikan dari Bhineka.com, karena ternyata URL yang digunakan oleh Bhineka.com belum ”ramah” kepada mesin pencari seperti Google, Yahoo, dll. Karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di Google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari Bhineka.com tidak akan terindex. Jadi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka funakan URL yang ”ramah” mesin pencari supaya calon pembeli cepat menemulan situs Anda.

Cara berbelanja secara online :


1).  Pilih produk yang ingin dibeli
2).  Klik icon “beli”3). Selanjutnya akan muncul kolam kecil yang berisi tentang spesifikasi singkat dari produk tersebut. Di bawahnya terdapat tigaoption, yaitu :
a.                   Add more items : untuk berbelanja barang lainnya
b.                  Cancel : untuk batal membeli produk tersebut
c.                   Next step : untuk lanjut ke langkah berikutnya

4). Pilih next step untuk membeli barang tersebut
5). Selanjutnya kita akan masuk ke halaman “perincian belanja Anda”. Di bawahnya ada tiga option jasa pengiriman yang ingin kita gunakan, yaitu:
a.                   JNE Regular Service
b.                  TIKI Regular Service
c.                   Free Shipping
6). Pilih jasa pengiriman yang ingin kita gunakan dan pilih kota tempat tinggal kita
7). Selanjutnya akan muncul total belanja kita8). Untuk new customer :
a. Pilih next step
b. Selanjutnya kita akan diminta untuk mengisi data pengiriman dan disarankan untuk membuat akun. Di bhinneka.com kita tidak diharuskan untuk membuat akun.
c. Ikuti langkah selanjutnya
Untuk member :
a. Log in dengan memasukkan alamat e-mail­ dan password
b. Ikuti langkah selanjutnya
9). Bhinneka.com menerima pembayaran melalui transfer ke rekening BCA, Bank Mandiri dan BNI, KlikBCA, BCA KlikPay, dan Mandiri KlikPay.

Kelebihan Website Bhinneka.com

Beberapa keunggulan yang dimiliki situs Bhinneka antara lain :
  1. Katalog yang terstruktur dengan baik.
  2. User dapat mengunduh file katalog dan harga dalam format pdf.
  3. Memiliki script pengubah kurs mata uang sesuai yang diinginkan customer.
  4. Tawar online
  5. Photography page (all about camera)
  6. Mobile version (khusus untuk diakses melalui mobile phone)
  7. DropDown menu (memudahkan navigasi dalam mengakses web/blog)
  8. Rancang sendiri (build your own PC)
  9. JNE (jasa pengiriman)
  10. e-Care (garansi produk (untuk notebook) 24 bulan)
  11. Payment confirmation e-mail & SMS (notifikasi, apabila uang telah diterima pihak bhinneka.com)
  12. Service tracking (ketahui sendiri kondisi barang anda yang sedang diservice teknisi bhinneka.com)
  13. Help/FAQ

Kekurangan Website Bhinneka.com

Beberapa kekurangan dari fitur yang ada pada website Bhinneka.com yaitu :
Salah satu fitur yang kurang dari bhinneka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang membuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan yang ingin dibeli.
bila kita perhatikan deskripsi produk di bhinneka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan lebih baik bila bhinneka.com tersedia dalam dua versi bahasa, dan banyak lho situs yang dual mode bahasanya tapi tidak nyampur jadi satu. Bahasa yang dicampur ini akan membuat pengunjung kurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa Inggris dengan baik) apabila spesifikasi produk hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.
URL yang digunakan oleh bhinneka.com belum “ramah” kepada mesin pencari seperti google, yahoo, dll. karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari bhinneka.com tidak akan terindex. JAdi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka gunakanlah URL yang ‘ramah’ mesin pencari supaya calon pembeli lebih cepat menemukan situs Anda.

Dari hasil review diatas, dapat disimpulkan bahwa website Bhinneka.com telah mampu dikategorikan kedalam website yang baik jka dilakukan sedikit perbaikan pada fitur – fitur yang kurang.

Kesimpulan

Toko online Bhinneka memang hanya salah satu toko online yang ada di Indonesia. Masih banyak toko online yang juga menjual barang-barang seperti Bhinneka. Namun seperti kita ketahui bersama, Bhinneka telah menjadi acuan dari customer-customer yang ingin mencari peralatan komputer dari seluruh Indonesia.

Bhinneka yang telah berdiri sejak 1993, dan memiliki situs penjualan online sejak tahun 2000 memiliki kerjasama partnership dengan beberapa vendor terkemuka di bidang hardware dan software. Kehebatan Bhinneka bisa kita lihat dari deretan penghargaan yang telah mereka terima.

Berbelanja online di Bhinneka pun terasa mudah. Hanya dengan beberapa langkah, kita sudah dapat melakukan order, dan hanya dalam beberapa hari barang yang telah kita pesan dan bayar telah datang.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Story Of Deny Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates