Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sedikit membedah webstite Bhinneka.com. mari kita simak pembahasannya sebagai berikut :
Bhineka.com
adalah bisnis online store yang bergerak di bidang penjualan
perangkat-perangkat IT atau teknologi. Penjualan ini didukung oleh berbagai
macam outlet dari bhineka.com yang tersebar luas di beberapa tempat di Jakarta
sehingga dapat menjangkau tempat-tampat yang jauh dan memudahkan pengiriman,
tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi akan tetapi juga berfungsi
sebagai tempat bertransaksi, ini memberikan kemudahan kepada calon pelanggan
karena mereka tidak harus langsung datang ke toko tapi bisa membeli dengan
transaksi secara online, salah satu hal yang sangat diunggulkan dan disebut
sebagai hal yang sangat penting di Bhineka.com adalah fasilitas yang
menyadiakan harga-harga barng-barang elektronik dalam segala macam jenis dan
tipenya. Hal ini membuat para calon pembeli dapat membandingkan dengan tepat
lainnya sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Banyak para pengguna
internet yang menggunakan website ini sebagai tempaat untuk mendapatkan
referensi dari harga-harga barang elektronik. Menurut pendapat saya omline
store adalah suatu bisnis yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan di
Indonesia pada saat ini terutama Jakarta yang hampir setiap harinya di penuhi
oleh kemacetan dan hiruk pikuk orang yang melakukan aktifitas harian mereka.,
online strore ini secara tidak langsung memberikan solusi dan kemudahan bagi
para calon pelanggan untuk memilih cara yang lebih efisien dan nyaman untuk
membeli keperluan mereka.
Pada saat ini
Bhineka.com sudah jauh berkembang dengan jumlah transksi online perharinya
mencapai 400 transaksi, jumlah ini hanya sekitar 2% total kunjungan online
perharinya. Sedikitnya dangkan jumlah pembelanja online ini karena masih banyak
orang Indonesia yang masih lebih percaya transaksi offline, demikian yang
disampaikan Hendrik Tio, CEO Bhineka.com seperti yang dilansir oleh swa online.
Bhineka.com
ini mempunyai bisiness model yang mencakup baik dari B2B maupun B2C, walaupun
banyak dari transaksi yang terjadi merupakan B2C.Core capability mereka adalah
dalam menjual segala macam sofware dan hardware kepada para pembeli potensial.
Sejarah Bhinneka.com
Bhinneka.com adalah salah satu contoh bisnis, yang bukan saja berani
‘banting-setir‘ disaat masa-masa krisis, tapi bahkan berhasil melewati
masa-masa suram tersebut dan bertahan hidup sampai sekarang. Apa saja kiat-kiat
Bhinneka untuk bisa sampai titik yang sekarang, DailySocial mencoba mencari
jawabannya dari CEO Bhinneka sendiri, Bapak Hendrik Tio.
Kalau mau dirunut sejarahnya, Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit. Bhinneka menjadi salah satu korban ini.
Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru. Kebetulan di masa itu, Internet baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Dari saat itu dimulailah perjalanan panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia.
Kalau mau dirunut sejarahnya, Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit. Bhinneka menjadi salah satu korban ini.
Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru. Kebetulan di masa itu, Internet baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Dari saat itu dimulailah perjalanan panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia.
Visi dan Misi Bhinneka.com
Visi dan misi Bhinneka.com yaitu menjadi toko online elektronik yang memberikan pelauanan maksimal pada pelanggan. Selain itu menurut CEO bhinneka.com, bapak Hendrix Tio. Bhinneka.com memiliki 8 dimensi tentang memberikan pengalaman terbaik didalam bidang perbelanjaan secara online yaitu :- Community Value
- Great Product Presentation
- Superb Bussiness Prosess
- Excellence Service
- Delighting and Fun
- Excellence Atmostphere
- Solution and Education Value
- Friendly Technology
Analisa situs
Tampilan Situs
Bila kita
lihat sepintas Bhineka.com tidak terlihat seperti situs lainnya, di baekground
yang dominan warna hijau terdapat semacam ornamen yang mengingatkan kita kepada
batik yang sangat khas menggambarkan Indionesia. Terdapat menu navigasi yang
lengkap dengan sub menu memudahkan pengunjung untuk mengetahui produk mana yang
diinginkannya. Selain itu Bhineka.com juga menyediakan pilihan untuk ngebrowse
produk yang mereka butuhkan. Namun ada satu yang menurut saya agak mengganggu
yaitu gambar topeng di sebelah kiri atas, karena membuat header yang berwarna
hijau ciamik menjadi terpotong.
Secara umum
tampilan Bhineka.com tidak mengecewakan dan bahkan cenderung lebih mudah untuk
mencari barang yang diinginkan dan tidak membuat bingung seperti yang sering
tampak pada toko online.
Fitur yang cukup lengkap
Kelengkapan
fitur yang merupakan syarat mutlak bagi sebuah situs toko online untuk
meningkatkan pelayanan yang menjadikan sebuah nilai tambahan dari situs
sejenis. Bila kita lihat di Bhineka.com terdapat fitur-fitur yang cukup
membantu pengunjung seperti:
1). Fitur pencari, memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dibutuhkan (fitur wajib)2). Fitur keranjang belanja, yang memperlihatkan produk apa saja yang kita beli di Bhineka.com (fitur wajib).3). Fitur chating, memudahkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan sebagai media untuk saling negoisasi (fitur tambahan yang sangat berguna).4).Fitur konversi mata uang, sangat berguna untuk menentukan harga produk dalam mata uang asing (fitur tambahan).
1). Fitur pencari, memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dibutuhkan (fitur wajib)2). Fitur keranjang belanja, yang memperlihatkan produk apa saja yang kita beli di Bhineka.com (fitur wajib).3). Fitur chating, memudahkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan sebagai media untuk saling negoisasi (fitur tambahan yang sangat berguna).4).Fitur konversi mata uang, sangat berguna untuk menentukan harga produk dalam mata uang asing (fitur tambahan).
Namun satu
fitur yang kuran dari Bhineka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur
simulasi yang memebuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga
komputer rakitan yang ingin di beli.
Bahasa campuran
Bila kita
perhatikan deskripsi produk di bhineka.com masih menggunakan dual bahasa,
padahal akan lebih baik bila Bhineka.com tersedia dalam dua versi bahasa.
Bahasa yang
dicampur ini akan membuat pengunjung kkurang nyaman, dan membuat beberapa dari
mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa inggris
dengan baik) apabila sepesifikasi produ hanya tersedia dalam bahasa inggris.
URL yang kurang ramah mesin pencari
Hal ini yang
perlu kita perhatikan dari Bhineka.com, karena ternyata URL yang digunakan oleh
Bhineka.com belum ”ramah” kepada mesin pencari seperti Google, Yahoo, dll.
Karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk,
sehingga bila kita mencari di Google dengan menggunakan nama-nama produk
praktis URL dari Bhineka.com tidak akan terindex. Jadi bila pembaca pada suatu
saat nanti ingin membuat situs toko online, maka funakan URL yang ”ramah” mesin
pencari supaya calon pembeli cepat menemulan situs Anda.
Cara berbelanja secara online :
1). Pilih produk yang ingin dibeli2). Klik icon “beli”3). Selanjutnya akan muncul kolam kecil yang berisi tentang spesifikasi singkat dari produk tersebut. Di bawahnya terdapat tigaoption, yaitu :
a. Add
more items : untuk berbelanja barang lainnya
b. Cancel :
untuk batal membeli produk tersebut
c. Next
step : untuk lanjut ke langkah berikutnya
4). Pilih next step untuk membeli barang tersebut5). Selanjutnya kita akan masuk ke halaman “perincian belanja Anda”. Di bawahnya ada tiga option jasa pengiriman yang ingin kita gunakan, yaitu:
a. JNE Regular
Service
b. TIKI Regular
Service
c. Free
Shipping
6). Pilih jasa pengiriman yang ingin kita gunakan dan pilih kota tempat tinggal kita7). Selanjutnya akan muncul total belanja kita8). Untuk new customer :
6). Pilih jasa pengiriman yang ingin kita gunakan dan pilih kota tempat tinggal kita7). Selanjutnya akan muncul total belanja kita8). Untuk new customer :
a. Pilih next
step
b. Selanjutnya
kita akan diminta untuk mengisi data pengiriman dan disarankan untuk membuat
akun. Di bhinneka.com kita tidak diharuskan untuk membuat akun.
c. Ikuti
langkah selanjutnya
Untuk member :
a. Log
in dengan memasukkan alamat e-mail dan password
b. Ikuti
langkah selanjutnya
9). Bhinneka.com menerima pembayaran melalui transfer ke rekening BCA, Bank Mandiri dan BNI, KlikBCA, BCA KlikPay, dan Mandiri KlikPay.
9). Bhinneka.com menerima pembayaran melalui transfer ke rekening BCA, Bank Mandiri dan BNI, KlikBCA, BCA KlikPay, dan Mandiri KlikPay.
Kelebihan Website Bhinneka.com
Beberapa keunggulan yang dimiliki situs Bhinneka antara lain :- Katalog yang terstruktur dengan baik.
- User dapat mengunduh file katalog dan harga dalam format pdf.
- Memiliki script pengubah kurs mata uang sesuai yang diinginkan customer.
- Tawar online
- Photography page (all about camera)
- Mobile version (khusus untuk diakses melalui mobile phone)
- DropDown menu (memudahkan navigasi dalam mengakses web/blog)
- Rancang sendiri (build your own PC)
- JNE (jasa pengiriman)
- e-Care (garansi produk (untuk notebook) 24 bulan)
- Payment confirmation e-mail & SMS (notifikasi, apabila uang telah diterima pihak bhinneka.com)
- Service tracking (ketahui sendiri kondisi barang anda yang sedang diservice teknisi bhinneka.com)
- Help/FAQ
Kekurangan Website Bhinneka.com
Beberapa kekurangan dari fitur yang ada pada website Bhinneka.com yaitu :
Salah satu fitur yang kurang
dari bhinneka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang
membuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan
yang ingin dibeli.
bila kita perhatikan
deskripsi produk di bhinneka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan
lebih baik bila bhinneka.com tersedia dalam dua versi bahasa, dan banyak lho
situs yang dual mode bahasanya tapi tidak nyampur jadi satu. Bahasa yang dicampur
ini akan membuat pengunjung kurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka
kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa Inggris dengan
baik) apabila spesifikasi produk hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.
URL yang digunakan oleh
bhinneka.com belum “ramah” kepada mesin pencari seperti google, yahoo, dll.
karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk,
sehingga bila kita mencari di google dengan menggunakan nama-nama produk
praktis URL dari bhinneka.com tidak akan terindex. JAdi bila pembaca pada suatu
saat nanti ingin membuat situs toko online, maka gunakanlah URL yang ‘ramah’
mesin pencari supaya calon pembeli lebih cepat menemukan situs Anda.
Dari hasil review diatas,
dapat disimpulkan bahwa website Bhinneka.com telah mampu dikategorikan kedalam
website yang baik jka dilakukan sedikit perbaikan pada fitur – fitur yang
kurang.
Kesimpulan
Toko online Bhinneka
memang hanya salah satu toko online yang ada di Indonesia. Masih banyak toko
online yang juga menjual barang-barang seperti Bhinneka. Namun seperti kita
ketahui bersama, Bhinneka telah menjadi acuan dari customer-customer yang ingin
mencari peralatan komputer dari seluruh Indonesia.
Bhinneka yang telah berdiri sejak 1993, dan
memiliki situs penjualan online sejak tahun 2000 memiliki kerjasama
partnership dengan beberapa vendor terkemuka di bidang hardware dan software.
Kehebatan Bhinneka bisa kita lihat dari deretan penghargaan yang telah mereka
terima.
Berbelanja
online di Bhinneka pun terasa mudah. Hanya dengan beberapa langkah, kita sudah
dapat melakukan order, dan hanya dalam beberapa hari barang yang telah kita
pesan dan bayar telah datang.
0 komentar:
Posting Komentar