Minggu, 18 Maret 2012

0 IBD sebagai salah satu MKDU

PENGERTIAN

IBD (Ilmu Budaya Dasar) adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah – masalah manusia dan kebudayaan. IBD sendiri merupakan ilmu yang terbentuk dari interaksi antar manusia dengan berbagai kebudayaan yang ada. Bisa dibilang IBD merupakan ilmu yang alamiah dan secara tidak langsung telah kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari.

TUJUAN

Tujuan IBD masuk dalam MKDU adalah agar mahasiswa mengembangkan kepribadiannya dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Setelah mempelajari IBD mahasiswa diharapkan :

- Menambah kepekaan terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

- memperluas pandangan tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang ada.

- Menumbuhkan jiwa kepimpinan yang netral dan tidak berpihak kepada satu pihak dengan kata lain pemimpin yang tidak diskriminatif.

- Menghormati perbedaan yang ada, karena Indonesia adalah negara dengan beragam suku dan budaya.

IBD dan IPS

1. Perbedaan

Perbedaan antara Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial, yaitu :

- Ilmu Budaya Dasar diberikan pada tingkat perguruan tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas (SD, SMP, SMA).

- Ilmu Budaya Dasar merupakan matakuliah tunggal yang tidak memiliki kelompok mata pelajaran sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kelompok dari sejumlah mata pelajaran diantaranya Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan lain-lain.

- Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

2. Persamaan

Persamaan antara Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial, yaitu :

- IBD dan IPS merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran

- IBD dan IPS bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri

- IBD dan IPS mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan permasalahan sosial


Ruang Lingkup IBD

Dalam mata kuliah IBD terdapat ruang lingkup yang menjadi landasan terbentuknya mata kuliah IBD antara lain

- Permasalahan antar manusia yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat

- Aktifitas sosial yang terjadi dalam masyarakat

- Keaneragaman budaya di Indonesia

- Toleransi terhadap perbedaaan yang ada

0 komentar:

Posting Komentar

 

Story Of Deny Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates