Senin, 28 April 2014

0 Pengantar Teknologi Game

Teknologi game terdiri dari 2 kata, yaitu teknologi dan game. Pertama pengertian dari teknologi. Kata teknologi sebenarnya berasal dari Bahasa Perancis yaitu La Teknique yang dapat diartikan dengan semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. Dalam hal ini yang dimasukkan dengtan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang.
Sementara game adalah sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti hiburan. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan intelektual (intellectual playability). Sementara kata game bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.



Perkembangan Game Saat Ini

Perkembangan game saat ini sangat pesat. Jika saya tidak salah, Nintendo dan Sega adalah awal yang membawa game konsol terkenal tapi ternyata perkembangannya tidak semudah itu, tahun 1998, pamor game konsol jatuh dan saat itu Sony mengambil alih dengan menciptakan PlayStation. Sampai saat ini Sony masih terus berinovasi dengan terus mengembangkan produknya, Microsoft yang akhirnya menyadari bahwa peluang bisnis terbuka lebar di pasar game, memutuskan untuk menciptakan produk game console yang diberi nama XBOX, Nintendo pun yang sudah sedari awal berfokus pada game console, ternyata tidak lantas menyerah, dengan mencoba mengembangkan produknya, Nintendo Wii – pihak Nintendo masih berharap masih bisa mengulang kesuksesannya di era 90’an. Menurut saya game sendiri dibagi menjadi tiga, game konsol (online/offline), pc game (online/offline) dan mobile game (online/offline). Pada saat ini game berbasis online sangat mendominasi di dunia game. Online game adalah game yang tentunya bisa dinikmati dengan menggunakan internet sebagai sarana utama pendukung bermainnya. Online game sendiri dibagi lagi menjadi dua, client-based dan web-based. Client-based adalah dimana game publishers menyediakan platform untuk pengguna agar bisa diunduh di komputer mereka dan bisa dimainkan tanpa harus membuka website lagi, sedangkan web-based adalah game online yang bisa diakses dengan membuka website terlebih dulu. Keduanya harus didukung dengan koneksi internet.

Konsep Game

Konsep game pada dasarnya ada 2 yaitu game offline dan online, berikut adalah beberapa genre game :

Action Game
Adalah tipe game dengan fitur utama berupa banyaknya aksi di mana pemain harus memiliki keterampilan reaksi yang cepat untuk menghindari musuh atau menghindari rintangan. Pengembang game tipe ini perlu memastikan game yang dibuat dioptimasi sehingga pemain memiliki pengalaman bermain yang baik, yang tidak terganggu oleh delay proses yang lama.
Contoh: Metal Gear Solid

Adventure Game
Adalah tipe game yang umumnya membuat pemain harus berjalan mengelilingi suatu tempat yang terkondisi, seperti sebuah istana, gua yang berkelok, dan planet yang jauh. Pemain melakukan navigasi suatu area, mencari pesan-pesan rahasia, memperoleh obyek yang memiliki kemampuan yang bervariasi, bertempur dengan musuh, dan lain-lain. Untuk membuat game ini, diperlukan perencanaan yang akurat sehingga memiliki alur cerita yang menarik bagi pemain.
Contoh: Tomb Raider

Sport Game
Adalah tipe game yang berupa kompetisi antara dua pemain atau lebih, di mana pemain dapat berupa individual atau tim. Contoh game tipe ini antara lain sepakbola, bola basket, tenis, dan bilyard. Tergantung seberapa cepat permainan yang terjadi, aplikasi game perlu dioptimalkan.
Contoh: Pro Evolution Soccer

Role Playing Game (RPG)
Adalah tipe game yang seringkali berupa multi-player game di mana setiap pemain memiliki karakter dengan kemampuan, kekuatan, dan kelemahan yang spesifik. Para pemain saling berkompetisi, berinteraksi, dan bertempur satu sama lain. Tampilan grafis yang khas untuk setiap karakter pemain ditambah dengan storyline yang mendebarkan akan sangat menarik dan memberikan pengalaman yang berbeda di dalam bermain.
Contoh: Final Fantasy

Platform game
Adalah tipe game yang mengharuskan pemain mengarahkan suatu obyek dengan melalui berbagai tahap atau tingkatan area untuk menyerang musuh dan menghindar terhadap serangan. Tipe game ini sedikit serupa dengan action game, tetapi aksinya tidak secepat action game. Teknik collision detection sangat sering dimanfaatkan pada tipe game ini.
Contoh: Sonic The Hedgehog & Mario Bros

Puzzle Game.
Adalah tipe game yang umumnya membuat pemain menggunakan kemampuan berpikirnya sebagai pengganti keterampilan reaksi yang cepat karena terdapat rahasia yang perlu dipecahkan. Game ini lebih bersifat statis dibanding action game. Pembuatan game tipe ini seringkali ditunjang dengan algoritma artificial intelligence.
Contoh: 7  Wonders of The Ancient World

Sandbox Game
Adalah tipe game yang umumnya ditujukan untuk menjelajahi suatu kota atau tempat dan bebas berinteraksi dengan objek disekitarnya. Mungkin game ini bisa di bilang mirip RPG tapi Sandbox sangat berbeda dengan RPG game, perbedaannya adalah tidak adanya peningkatan level karakternya.
Contoh: GTA & Bully

First-Person Shooter (FPS)
Adalah tipe game yang mengunakan sudut pandang orang pertama untuk membidik atau membunuh musuh, sehingga kita hanya melihat tangannya saja dan tidak melihat tubuh karakter yang dimainkan.
Contoh: Call of Duty

Third-Person Shooter (TPS)
Adalah tipe game yang mirip dengan FPS, tapi bedanya tipe game ini mengunakan sudut pandang orang ke-3, sehingga kita bisa melihat seluruh tubuh karakter yang dimainkan.
Contoh: Gears of Wars

Music Game
Adalah tipe game yang menuntut pemainnya untuk menekan tombol sesuai dengan tombol yang ada di layar dengan diiringi dengan musik.
Contoh: Guitar Hero & Dance Dance Revolution

Fighting Game
Adalah tipe game yang intinya harus menjatuhkan lawan tandingnya, entah itu dengan pukulan, tendangan, combo, maupun dengan jurus special.
Contoh: Tekken & Mortal Kombat

Strategy Game
Adalah tipe game yang mengharuskan pemainnya menggunakan taktik dan strategi untuk jeli dalam melihat setiap peluang, kelemahan musuh dan bijaksana dalam menggunakan sumber daya yang ada.
Contoh: Command & Conquer

Simulation Game
Adalah tipe game yang memberikan pengalaman atau interaksi sedekat mungkin dengan kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut.
Contoh: Gran Turismo

Racing Game
Adalah tipe game yang tujuannya adalah mencapai garis finish dari suatu race, dalam game ini biasanya pemain dapat memilih & membeli kendaraan, mendandani, mengupgrade mesin dsb.
Contoh: Need For Speed

RTS (Real Time Strategy) dan MMORTS (Massively Multiplayer Online Real-time strategy Games)
Mengatur strategi pemainnya adalah kunci dari genre ini. Pada umunya pemain dapat memainnkan lebih dari satu karakter pada permainan ini. Dalam RTS, tema permainan bisa berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires), fantasi (misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars).

MMOFPS (Massively Multiplayer Online First-person shooter games
Di Indonesia, permainan ini identik dengan “tembak-tembakan”, sama dengan judulnya, permainan in mengambil pandangan orang pertama sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut. Karena identik dengan “tembak-tembakan”, tentunya tema permainan ini biasanya adalah peperangan dengan senjata-senjata dilengkapi dengan seragam militer.

MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Games)
Game ini biasanya bertema fiksi dengan karakter khayalan dan keunikan game genre ini adalah para pemain dapat menceritakan sebuah cerita tersendiri. Game jenis ini biasanya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Contoh dari genre permainan ini Ragnarok Online,The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final Fantasy, DotA.

Casual Game
Casual game online biasanya adalah game yang cukup dapat dinikmati tanpa harus menggunakan strategi dan memutar otak cukup keras. Misalnya saja bermain ular tangga dan monopoli online. Game ini cukup besar peminatnya dan biasanya pemainnya berkisar usia 8-15 tahun.

Cross-platform online play
Sesuai dengan namanya, game dengan genre ini dapat dimainkan secara online dengan perangkat yang berbeda. Saat ini mesin permainan konsol (console games) mulai berkembang menjadi seperti komputer yang dilengkapi dengan jaringan sumber terbuka (open source networks), seperti Dreamcast, PlayStation 2, dan Xbox yang memiliki fungsi online. misalnya Need for Speed Underground, yang dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360.

Macam – macam softwere membuat Game

1. Adventure Maker Free Edition
Aplikasi ini tak hanya dapat digunakan untuk membuat game untuk PC Windows. Anda pun dapat memanfaatkannya untuk membuat game jenis point-and-click untuk PSP (PlayStation Portable), iPhone, dan juga !Pod Touch. Selain itu, Adventure Maker juga dapat dipakai untuk membuat aplikasi multimedia, virtual tours, aplikasi edukasi, hingga presentasi.
Adventure Maker sangat mudah digunakan. Anda tak perlu melakukan scripting atau pemrograman untuk dapat membuat game. Yang perlu Anda lakukan hanya mengimpor gambar ke aplikasi, menambah sejumlah titik untuk menghubungkan gambar dengan gambar lainnya, dan proses selanjutnya dilakukan oleh aplikasi.

2. 3D Game Studio
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat baik untuk edukasi, simulasi dan juga tentunya untuk pembuatan game. Aplikasi ini menyediakan kemudahan dalam membangun game baik 2D maupun 3D, khususnya RPG (Role Playing Game). Bahkan dengan aplikasi ini, pengguna dapat membangun game berbasis format multiplayer, meskipun belum mendukung tampilan tiga dimensi.

3. Game Maker
Aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat beragam macam game untuk diinstall di PC. Mulai dari game berbentuk maze (labirin dengan konsep permainan bak puzzle), tembak-menembak, hingga permainan bertampilan tiga dimensi, dan first person shooter.
Aplikasi ini menjanjikan trik pembuatan game dengan sistem drag-and-drop, sehingga untuk pembuatan game sederhana kita tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman. Namun, ketika ingin membuat permainan yang lebih kompleks, kemampuan pemrograman juga diperlukan di sini.

4. Jump Craft
Seperti aplikasi game creator yang kami bahas di sini, Jump Craft memungkinkan kita membuat game dengan mengeklik-tarik komponen game ke area pembuatan game. Ya, semudah itu. Selain itu, ada pula fasilitas untuk pemrograman sederhana, sebagai ajang tambahan untuk belajar programming.

5.Alice
Aplikasi ini sebenarnya adalah sebuah aplikasi yang dirancang agar kuliah pemrograman dapat lebih mudah dimengerti dengan menampilkan gambar-gambar 2D atau 3D yang bisa dimanipulasi.


sumber :
http://rafiqamalyah.blogspot.com/2013/05/pengertian-teknologi-game.html
http://theurban87.wordpress.com/2014/01/12/perkembangan-game-di-indonesia/
http://anas-syarif.blogspot.com/2011/11/macam-macam-genre-game.html
http://partoxnusa.blogspot.com/2012/01/6-aplikasi-pembuat-game-terbaik-untuk.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Story Of Deny Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates