Rabu, 19 Oktober 2011

0 Penduduk, masyarakat, dan kebudayaan

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penduduk, masyarakat dan kebudayaan. Kebudayaan masyarakat Indonesia pada akhir – akhir cenderung mengikuti budaya asing. Hal itu dapat kita lihat dari cara berbusana, bertutur kata,bertingkah laku bahkan kesenian asli indonesia yang kurang diminati oleh masyarakatnya sendiri.Terlebih dahulu saya akan membahas tentang tari tradisional yang akhir – akhir ini kurang diminati oleh masyarakat.

Mungkin jarang sekali kita melihat acara perlombaan atau pementasan tari tradisional di sekitar kita. Hal tersebut disebabkan masuknya tarian modern di negara kita. Mungkin masyarakat menilai tari tradisional hanya tontonan yang membosankan. Padahal tari tradisional seperti jaipong adalah tarian asli indonesia. Pada saat sekarang banyak sekali remaja yang lebih tertarik tarian modern yang berasal dari budaya asing ketimbang tari tradisional yang berasal dari budayanya sendiri. Inilah akibat dari rasa nasionalisme yang kurang dari diri seseorang terhadap negaranya.

Dari peristiwa tersebut timbul pertanyaan apakah tari tradisional akan punah bila pemuda generasi penerusnya saja tidak suka dengan tari tradisional. Untuk mengantipasi hal tersebut ada baiknya kita memperkenalkan tarian tradisional kepada anak – anak, agar mereka tertarik dan mau mempelajari tarian tradional. Dengan cara tersebut diharapakan tari tradisional dapat bertahan dan diminati oleh semua kalangan.

selanjutnya saya akan membahas mengenai tingkat laku, tutur kata dan cara berbusana masyarakat Indonesia yang cenderung mengikuti budaya asing. Banyak sekali kita melihat masyarakat yang berbusana tidak pantas atau tidak sopan didepan umum. Berbicara dan bertingkah laku tidak pantas dan tidak sopan sering kita lihat pada masyarakt Indonesia sekarang. Hal itu jelas sangat bertentangan dengan budaya Indonesia yang terkenal dengan sopan santunnya. Hal ini dikhawatirkan dapat merusak moral masyarakat Indonesia. Para orang tua diharapkan mengawasi anaknya agar tidak terpengaruh oleh budaya asing. Mengajarkan agama sejak kecil merupakan hal yang paling penting yang harus dilakukan oleh orang tua agar tidak terjerumus ke hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa budaya Indonesia sangat beragam.lebih baik kita mencintai budaya sendiri ketimbang harus mengikuti budaya luar yang tidak pantas diterapkan di Indonesia. Jangan mudah terpengaruh oleh sesuatu hal yang baru kita lihat, dengar dan rasakan. Mungkin suatu hal yang baru bisa menjadi boomerang bagi diri kita sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Story Of Deny Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates