Kamis, 27 Oktober 2011

0 Wayang Dunia (Individu, Keluarga dan Masyarakat)

Individu, keluarga dan masyarakat merupakan elemen penting dalam kehidupan. Bila diibaratkan dalam permainan sepak bola, manusia/individu merupakan seorang pemain, kemudian keluarga adalah klub sepak bola dan masyarakat adalah lapangan sepak bolanya. Bisa dilihat dari contoh tersebut pemain sangat membutuhkan klub agar ia dapat menjadi pemain sepak bola yang hebat. Begitu juga dengan manusia yang sangat membutuhkan keluarga agar ia dapat tumbuh besar menjadi manusia yang berguna. Lalu pemain juga membutuhkan lapangan agar bisa bermain bola . Begitu juga dengan manusia yang sangat membutuhkan masyarakat agar dapat berinteraksi dengan manusia lainnya.

Tingkah laku seseorang dapat berasal dari keluarga dan lingkungan masyarakat. Ini menunjukkan bahwa keluarga dan masyarakat mempunyai peranan penting bagi kehidupan setiap individu. Sebagai contoh mari kita lihat seseorang yang mempunyai sifat yang religius. Mungkin saja orang itu lahir dikeluarga dan dilingkungan yang penduduknya taat pada agama. Kemudian seorang yang pendiam dan tertutup mungkin mereka mempunyai masalah di keluarga atau lingkungannya.

Masa remaja adalah masa dimana seseorang mulai mengenal arti hidup sesungguhnya. Saat itulah masa yang paling indah yang dialami oleh seseorang.tetapi disamping itu masa remaja adalah masa penuh cobaan, dimana seseorang akan mengalami cobaan baik dari keluarga, lingkungan maupun masyarakat. Contohnya yaitu banyak sekali remaja yang menggunakan narkoba dan melakukan seks bebas. Ini akibat dari pengaruh buruk lingkungan dan masyarakat yang tidak baik. Tentu saja hal ini dapat berdampak buruk bagi generasi muda penerus bangsa. Akan seperti apa jadinya nanti bila sebuah bangsa yang generasi penerusnya saja sudah tidak memikirkan masa depannya.

Oleh karena itu seorang individu yang baru lahir bisa di ibaratkan dengan kertas kosong. Disinilah peran orang tua dan keluarga untuk menulis kertas kosong tersebut dengan kebaikan – kebaikan kepada anaknya sejak masih kecil. Setelah beranjak remaja sampai dewasa anak tersebut diharapkan dapat menerapkan kebaikan - kebaikan dalam berbagai hal yang telah diajarkan sejak kecil di masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Story Of Deny Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates