Jumat, 30 Maret 2012

0 Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan

Sastra dan seni merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. kedua hal tersebut mempunyai keterkaitan yang erat. seni merupakan ekspresi yang sifatnya tidak normatif. Seni lebih mudah berkomunikasi, karena tidak normatif, nilai-nilai yang disampaikan lebih fleksibel, baik isi maupun cara penyampaiannya. sedangkan sastra mempergunakan bahasa, sementara itu bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampir semua pernyataan kegiatan manusia. Sastra juga mudah berkomunikasi karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Sementara itu filsafat, yang juga mempergunakan bahasa adalah abstraksi.

ILMU BUDAYA DASAR YANG DI HUBUNGKAN DENGAN PROSA

Dalam kesusastraan Indonesia ada 2 jenis prosa yaitu prosa lama dan baru :

A. Prosa lama :
1. Dongeng-dongeng
2. Hikayat
3. Sejarah
4. Epos
5. Cerita pelipur lara

B. Prosa baru :
1. Cerita pendek
2. Roman/novel
3. Biografi
4. Kisah
5. Otobiografi

NILAI-NILAI DALAM PROSA FIKSI

1. Prosa fiksi memberikan kesenangan
Keistimewaan kesenangan yang diperoleh dari membaca fiksi adalah pembaca mendapatkan pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa itu peristiwa atau kejadian yang dikisahkan.

2. Prosa fiksi memberikan informasi
Fiksi memberikan sejenis informasi yang tidak terdapat didalam ensiklopedi. Dalam novel sering kita dapat belajar sesuatu yang lebih dari pada sejarah atau laporan jurnalistik tentang khidupan masa kini, masalalu, bahkan kehidupan yang akan datang.

3. Prosa fiksi memberikan warisan kultural
Prosa fiksi dapat memberikan imaginasi, dan merupakan sarana bagi pemindahan yang tak henti-hentinya dari warisan budaya bangsa.

4. Prosa memberikan keseimbangan wawasan
Prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan berdasarkan pengalaman-pengalaman dengan banyak individu. Fiksi juga memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk memilih respon-respon emosional atau rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda dari pada apa yang disajikan dalam kehidupan sendiri.

ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PUISI

kali ini saya akan membahas puisi karya dari taufik ismail yang berjudul panggung sandiwara

Panggung Sandiwara

Dunia ini panggung sandiwara,
Cerita yang mudah berubah
Kisah mahabarata atau tragedi dari Yunani
Setiap kita dapat satu peranan yang harus kita mainkan
Ada peran wajar dan ada peran berpura-pura
Mengapa kita bersandiwara

Peran yang kocak bikin kita terbahak-bahak
Peran bercinta bikin orang mabuk kepayang
Dunia ini penuh peranan
Dunia ini bagaikan jembatan kehidupan
Mengapa kita bersandiwara



puisi tersebut menggambarkan tentang kehidupan didunia ini. menurut puisi tersebut dunia merupakan panggung sandiwara yang pemainnya adalah manusia dengan karakter dari sifat mereka sendiri. Dalam puisi ini kita diajak untuk melihat suasana kehidupan yang ada di dunia ini. Disini diibaratkan bahwa dunia kita ini seperti sebuah panggung sandiwara. Dimana banyak kisah yang terjadi dan peran yang selalu berubah-ubah yang dimainkan oleh tokoh-tokoh. Mengisahkan kehidupan manusia yang berbeda-beda. Baik manusia yang berada pada kehidupan atas maupun yang berada di bawah. Semua memiliki peran. Namun banyak pula yang bahkan harus bersandiwara demi mempertahankan hidupnya. Pencerminan kehidupan seperti ini tentu tidak asing lagi bagi kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Story Of Deny Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates