Jumat, 30 Maret 2012

0 Manusia dan Cinta Kasih

Cinta merupakan suatu rasa yang membuat seseorang tertarik kepada orang lain sedangkan kasih merupakan rasa sayang seseorang kepada orang yang mereka anggap spesial dalam hidupnya. bisa kita ambil kesimpulan bahwa Cinta kasih merupakan perasaan manusia yang sangat alamiah yang timbul akibat adanya interaksi dan kecocokkan antara manusia itu sendiri.

CINTA MENURUT AJARAN AGAMA



pada firman ALLAH Swt surah At-Taubah ayat 24 :

" Katakanlah : Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu kuatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari pada ALLAH dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai ALLAH mendatangkan keputusan-Nya. Dan ALLAH tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik".

Dalam surat At-Taubah ayat 24 dijelaskan bahwa kita boleh mencintai siapapun asalkan jangan sampai melebih cinta kita kepada Allah swt. dan rasulnya. karena memang mereka yang patut kita cintai lebih dari apapun. dan kita patut menteladani sifat - sifat Rasullah.
bentuk - bentuk cinta menurut agama

1. Cinta Diri
Cinta diri erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri

2. Cinta kepada sesama manusia
Agar manusia dapat hidup secara berdampingan dan menciptakan keserasian serta keharmonisan antar sesama manusia, dia wajib membatasi cinta kepada diri sendiri dan egoismenya.

3. Cinta seksual
Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual.

4. Cinta kebapakan
Cinta bapak kepada anaknya karena dorongan psikis bukan fisiologis.

5. Cinta kepada ALLAH
Puncak cinta manusia yang paling tinggi dan spiritual.

6. Cinta kepada Rasul
Menduduki peringkat kedua setelah cinta kepada ALLAH karena beliau merupakan utusan ALLAH dan contoh perilaku hidupnya menjadi suri tauladan umat manusia.

KASIH SAYANG

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S.Porwadarminta, kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Apabila suatu hubungan cinta diakhiri dengan sebuah pernikahan maka hal ini akan menimbulkan perasaan yang lebh dewasa lagi dan juga menuntut agar suatu hubungan tersebut lebih bertanggung jawab, perasaan inilah yang disebut dengan kasih sayang, mengasihi, atau saling menumpahkan kasih sayang.

Pemberian cinta kasih orang tua terhadap anak :

- Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat pasif.
- Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat aktif.
- Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat pasif.
- Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat aktif.

PEMUJAAN

Pemujaan adalah salah satu wujud cinta dan terimakasih kepada Tuhan sang maha pencipta alam semesta. Tanpa kuasanya kita takkan bisa ada seperti sekarang ini. Salah satu wujud terimakasih manusia terhadap Tuhan ialah beribadah kepadanya. Contoh dalam agama islam salah satu wujud cinta kepada tuhan ialah beribadah melaksanakan sholat 5 waktu. Beribadah adalah salah satu cara manusia berkomunikasi terhadap penciptanya. Dalam beribadah juga bertujuan untuk memohon ampun atas segala dosa yang manusia itu pernah perbuat, meminta rizki, berterimakasih dll, sebagai ungkapan puji syukur manusia terhadap penciptanya.

BELAS KASIH

Belas kasih merupakan wujud dari sikap empati dan simpati manusia, yang didasarkan pada rasa kepedulian dan kasih sayang terhadap manusia lain yang dikenal maupun tidak. Wujud empati dan simpati tersebut muncul dikarenakan rasa emosional manusia meningkat sehingga ingin melakukan sesuatu pada apa yang ia lihat terhadap orang lain tersebut. Contohnya adalah manusia yang serba kekurangan dari hal materi, kelainan pada organ tubuh manusia tersebut, dan sejenis manusia yang memerlukan bantuan dari orang lain yang mampu untuk menolongnya. Dari hal tersebutlah emosional manusia terpacu untuk melakukan sebuah tindakan demi membantu orang yang membutuhkan pertolongan tersebut, entah ia harus membantu dengan hartanya maupun tenaganya jika diperlukan.

KEMESRAAN

Kemesraan adalah bentuk dari rasa kasih sayang seseorang terhadap mahluk lain, misal manusia, binatang peliharaan, dsb. Kemesraan juga memiliki bentuk atau curahan kepada manusia yang satu dengan yang lainnya, yang secara spontan dilakukan karena adanya dorongan didalam Hati setiap individu manusia tsb. Biasanya bentuk kemesraan itu digambarkan dengan mencium maupun memeluk kerabat, teman, pacar, dan orang tua.

CINTA KASIH EROTIS

Cinta kasih kesadaran merupakan cinta kasih antar sesama orang yang sebanding. Cinta kasih erotis ini kerap kali di dicampur adukan dengan pengalaman yang eksplosif yaitu jatuh cinta, dan juga keduanya akan saling lebih memahami secara intim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Story Of Deny Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates